Pages

Subscribe:

Selasa, 30 April 2013

Hacker Tersadis Di Dunia

Adrian Lamo

Dia membobol New York Times untuk mendapatkan info personal dan beberapa security number dan membobol Microsoft. Dia akhirnya didenda $65.000 dollar US. Saat ini dia jadi pembicara di beberapa acara seminar.

Kevin Mitnick

Inilah legenda hidup yang saat ini benar-benar mantap dalam dunia hack.
Inilah kelakuan dia:
-Menggunakan Los Angeles bus transfer system buat mendapatkan tumpangan gatis
-Mengelabui FBI
-Hacking kedalam DEC system (Digital Equipment Corporation)
-Mendapatkan administrator positon dalam satu komputer IBM biar menang judi, karena adminnya yang punya laptop IBM tersebut
-Hacking Motorola, NEC, Nokia, Sun Microsystems dan Fujitsu Siemens systems
Dan masih banyak lagi kelakuan dia yang luar biasa.
seorang white hat hacker pun yang bernama Tsutomu Shimomura pun (ahli juga dia dan merupakan top 5 white hat hacker), dihack komputer systemnya, dan terjadilah perang luar biasa. Dia dilacak dan ditangkap oleh FBI dengan bantuan Tsutomu Shimomura yang melacak (tracking) lewat jaringan HP’ yang dibawa ama Mitnick saat itu. Tapi sekarang dia sudah tobat dan menjadi seorang penulis buku, konsultan security, dan pembicara.

Kevin Poulsen

Juga dikenal dengan Dark Dante.
Dia menghack database FBI. Selain itu dia juga menghack seluruh lines phone station karena Memang kemahiran dia menghack lewat phone lines.
Saat ini dia jadi senior editor di Wired News, dan berhasil menangkap 744 penawaran sex melalui profiles Myspace.

Robert Tappan Moris

Dia berasal dari hannover Jerman yang menamakan komputernya FUCKUP (First Universal Cybernetic-Kinetic Ultra-Micro Programmer).
Dia melakukan beberapa keberhasilan dalam menghack pada kurun waktu 1985-1988. Dia juga seorang cocaine addict.
Dia berhasil membobol beberapa sistem militer AS dan menghack sebuah pusat tenaga nuklir AS pada jaman perang dingin dan hasil hack’annya dijual ke KGB (Agen Rahasia Uni Soviet). Dia ditemukan tewas pada tahun 1988, menurut info dia membakar tubuhnya sendiri, namun siapa tahu ini merupakan konspirasi tingkat tinggi antara US dan Soviet pada perang dingin.

Sumber
Selengkapnya...

Selasa, 23 April 2013

Warnet Paling Keren di Indonesia

Jika di daerah kamu warnet nya yang menggunakan bilik bilik, tidak ada salahnya mencoba warnet yang satu ini. Kalau masuk kedalamnya, pasti berasa seperti didunia teknologi. Dari pada warnet bilik, yang digunakan para ABG untuk mesum, mending nyobain warnet keren begini :
nih liat aja penampakannya :D















Lokasinya cari sendiri aja ya, kalau dikasih tau nanti dikira promosi lagi, hehe

Sumber
Selengkapnya...

5 Cyber War Paling Terkenal di Dunia

Peperangan dapat terjadi dimanapun, kapanpun dan menimpa siapapun. Tentu saja setiap peperangan pasti memakan korban, baik nyawa maupun materi. Peperangan dunia maya sebenarnya lebih mengerikan karena dapat melibatkan suatu kelompok bahkan suatu negara. Umumnya peperangan dunia maya ini terjadi karena perbedaan dan persaingan. Berikut kami merangkum 5 “Cyber War’” Paling Terkenal di Dunia Maya.

1. Joe Rogan vs Kevin

Pada tanggal 1 Maret 2006, komedian Joe Rogan menerima pesan tidak menyenangkan dari seorang teman MySpace bernama Kevin. Pesan itu berbunyi “Joe Rogan, aku benci kamu … kamu tidak lucu “. Ini terdengar tidak menyenangkan di telinga Joe, namun setidaknya ia jujur. Peperangan pun terjadi di Myspace, keduanya saling mengejek hingga berbulan-bulan. Namun sebulan kemudian setelah kein meraasa puas, ia pun meminta maaf dan perang pun berhenti.

2. MINIX vs Linux

Pada tahun 1992 Andy Tanenbaum, profesor ilmu komputer di Amsterdam Vrije Universiteit dan pencipta MINIX, memulai perdebatan tentang Usenet group comp.os.minix dengan mengumumkan bahwa sistem operasi Linux adalah sistem operasi tua dan Minix siap menggantikannya. Pihak Linux pun tersindir dengan ucapan pencipta Minix tersebut hingga akhirnya peperangan dunia maya dimulai. Ini melibatkan para pengguna Linux dengan pengguna minix sehingga menyebar luas. Namun selang beberapa hari Andy menarik kembali ucapannya dan meminta maaf.

3. Kevin Smith vs Karl Trale

Satu lagi komedian yang terlibat perang dunia maya, adalah Kevin Smith yang mendapat sindiran dari salah satu lawannya. Karl Trale saat itu memposting di forum Rotten Tomatoes tentang keburukan Kevin yang merupakan komedian sombong, tidak lucu, dan suka menyindir orang dalam humor nya. Kevin pun menanggapinya dengan serius, ia berbalik mencaci maki Karl. Froum tersebut menjadi ramai ketika pendukung kedua belah pihak ikut terlibat. Peperangan ini terjadi berbukan-bulan sampai akhirnya Rotten tomatoes menutup forumnya demi keamanan.

4. Mac vs PC

Kehadiran Mac di industri komputer menjadi awal revolusi sistem operasi komputer. Di salah satu forum komputer, pengguna mac dan windows saling ejek. Windows dianggap sebagai sistem ooperasi tua yang sebentar lagi akan digantikan oleh Mac. Namun pendukung windows membela diri dengan mengungkapkan bahwa Mac adalah sistem operasi yang gagal dan tidak bisa disamakan apalagi menggantikan windows. Perang ini pun menjalar ke forum-forum komputer lain hingga beberapa hacker juga turut serta melakukan perlawanan.

5. Mark Brazill vs Judd Apatow

Pada tahun 2001, Judd Apatow yang bermain di komedi show, The Virgin 40-Year-Old dan Mark Brazill yang bermain di That ’70s Show beradu pendapat di dunia maya. Perang ini bermula ketika Mark brazill yang bermain di That 70 show merasa ide ceritanya dicuri oleh Judd Apatow dalam komedi The Virgin 40-Year-Old. Cerita kedua acara ini hampir sama, namun karena That ’70s Show diproduksi terlebih dulu, membuat The Virgin 40-Year-Old terlihat menirunya. Perang ini terjadi melalui e-mail dari para pemain, produser bahkan penggemar kedua acara.

Sumber
Selengkapnya...

Senin, 22 April 2013

Dreadout, Game Horor Bandung yang Mulai Mendunia

Dikutip dari TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - game horor berjudul DreadOut, yang tengah digarap Digital Happiness, kini tengah diincar produser untuk dibuat versi filmnya.

Padahal, game itu baru 40 persen rampung. Hal itu terungkap di sela wawancara Kompas dengan game Producer Digital Happiness, Rachmad Imron, di kantor mereka di daerah Terusan Cigadung Timur, Kamis (18/4).

Imron menerima panggilan telepon di tengah wawancara dari sebuah rumah produksi yang baru saja meluncurkan film untuk remaja. Dari pembicaraan tersebut, tampaknya pihak pembuat film itu berminat untuk mengangkat cerita DreadOut ke layar bioskop. Mereka meminta Imron untuk datang ke Jakarta dan bertemu secara langsung.

"Wah, belum dulu deh. Kami masih harus menyelesaikan game-nya terlebih dahulu," kata Imron. Dia mengungkapkan, rumah produksi yang meneleponnya tadi bukanlah pihak pertama yang mengajukan penawaran serupa. Dia menyebut beberapa nama yang menghubungi sebelumnya dengan maksud sama.

Animo tersebut diduga muncul menyusul demo gim DreadOut yang dirilis tanggal 31 Maret 2013. Respon positif didapatkan dengan maraknya video ulasan, tidak hanya dari Indonesia tapi ada pula yang berasal dari luar negeri yang sudah ditonton lebih dari 1 juta kali.

Menurut Imron, pihaknya saat ini lebih memutuskan untuk berkonsentrasi merampungkan DreadOut. Tanpa bersedia menyebut bulan yang pasti, Imron mengatakan bahwa game tersebut bakal dirilis tahun 2013. DreadOut mengisahkan Linda, pelajar SMA yang terdampar bersama teman-temannya di sebuah desa yang ditinggalkan. Linda harus mencari keberadaan teman-temannya yang menghilang sambil mengungkap misteri dibalik desa tersebut.

Aspek horor muncul karena Linda harus berhadapan dengan berbagai hantu yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Satu-satunya jalan adalah mengintipnya melalui layar ponsel yang dimiliki.

(Didit Putra Erlangga/Wicaksono Surya Hidayat)

Sumber
Selengkapnya...

Minggu, 21 April 2013

Applikasi Baru Terunik di Dunia

Applikasi Baru Terunik di Dunia - Tomoaki Sato, mahasiswa jurusan ilmu fisika di Jepang ini punya temuan baru. Ia berhasil membuat aplikasi untuk menemukan restoran halal di Jepang. Aplikasi gratis ini bisa menunjukkan dimana restoran, supermarket dan toko yang menjual produk halal di Jepang.

Tak hanya itu, aplikasi yang dibuat Sato juga bisa dimanfaatkan untuk berbelanja grosir secara online. Informasi mengenai lokasi makanan halal tersebut dikumpulkan Sato lewat wawancara langsung dengan para Muslim lokal. Pengakses aplikasi yang belum diketahui namanya inipun bisa menambahkan lokasi baru dan membaginya ke sesama pengakses.

Sato merupakan mahasiswa di Waseda University, Tokyo. Meskipun mempelajari ilmu fisika, namun Sato juga punya ketertarikan di bidang teknologi informasi. Atas temuannya ini, pemuda berusia 19 tahun inipun berkesempatan untuk mewakili asosiasi pelajar Jepang di Uni Emirat Arab.

Sato sendiri bukanlah pemeluk agama Islam. Pembuatan aplikasi ini terinspirasi dari teman Sato, Hussein, yang berasal dari Arab Saudi. Hussein berada di Tokyo selama 6 bulan, dan selalu mencari makanan halal. "Saat kami mau makan siang, ia akan mengecek kemasan makanan dengan sangat cermat untuk memastikan jika makanannya halal. Itu sangat memakan waktu," kata Sato.

Saat diwawancarai media The National, Sato menjelaskan jika aplikasi ini ditujukan untuk para Muslim yang tinggal di wilayah minoritas Muslim. Di Jepang, terdapat sekitar 100.000 Mulim dan 1 juta pengunjung Muslim tiap tahun. Bahkan tak hanya di Jepang, Sato juga berencana untuk memperluas akses aplikasinya, hingga ke Amerika, China, India dan Thailand.

Anak muda ini juga melakukan riset soal pasar halal dunia. "Penelitian saya menunjukkan jika pasar halal dunia diperkirakan sekitar setengah triliun Dollar. Di Jepang, angkanya sekitar 900 miliar Dollar dan pasar makanan halal online mencapai 400 miliar Dollar," ungkapnya.

Sumber
Selengkapnya...

Kamis, 18 April 2013

Kisah Dibalik "nama" Perusahaan IT di Dunia

Kisah Dibalik "nama" Perusahaan IT di Dunia - inilah kisah dan perjalanan terbentuknya nama-nama perusahaan IT di dunia.

Adobe - Berasal dari Adobe Creek yaitu nama sungai di belakang rumah pendirinya John Warnock.

Apache - Nama ini berasal saat penemunya menerapkan patch ke kode program yang ditulis untuk http daemon NCSA. Hasilnya adalah APAtCHy server, yang selanjutnya menjadi apache server.

Apple Computers - Selama 3 bulan Steve Jobs belum memberi nama untuk perusahaan barunya karena dia belum mendapatkan nama yang cocok. Maka suatu hari dia mengancam staff nya, jika sampai jam 5 belum ada yang mengusulkan nama yang tepat, maka dia akan memberi nama terserah dia. Saat jam 5 tiba, tidak ada staff yang mengusulkan nama perusahaan dan Steve saat itu sedang makan apel. Jadilah perusahaan itu dinamakan Apple Computer.

Corel - Berasal dari nama penemunya Dr. Michael Cowpland. Corel singkatan dari COwpland REsearch Laboratory.

CISCO - Kata ini tidak mempunyai singkatan seperti yang dikatakan kebanyakan orang. Malah kata ini adalah kependekan dari San Francisco.

Google - Kata ini bermula dari lelucon tentang banyaknya informasi yang bisa dicari oleh search engine. Istilah yang dimaksud adalah Googola,yang berarti bilangan 1 diikuti oleh 100 angka nol. Penemu yang juga mahasiswa Stanford, Sergey Brin dan Larry Page saat itu sedang memberikan presentasi proyek ini ke investor, mereka kemudian berhasil mendapatkan dana dalam bentuk check yang ditujukan kepada Google.

Hotmail - Jack Smith mendapatkan ide agar orang2 bisa mengakses email melalui web dari komputer mana pun di dunia. Kemudian Sabeer Bhatia membuat business plan untuk mail service. Dia mencoba memberi nama dengan akhiran mail di belakangnya. Akhirnya didapatlah nama hotmail yang idenya berasal dari bahasa pemrograman web HTML (HoTMaiL).

Hewlett-Packard (HP) - Bill Hewlett dan Dave Packard melempar koin untuk mengundi nama perusahaan mereka apakah Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett, dan karena pemenangnya Dave maka dipilihlah nama Hewlett-Packard.

Intel - Bob Noyce dan Gordon Moore ingin menggunakan nama mereka untuk perusahaan barunya, Moore Noyce. Tapi sayangnya nama ini sudah menjadi trademark sebuah hotel, jadi mereka menggunakan singkatan INTegrated ELectronics = INTEL sebagai nama perusahaan mereka.

Java - Awalnya disebut Oak oleh pembuatnya James Gosling, yang berasal dari pohon oak yang tumbuh di luar jendelanya. Tapi kemudian tim pengembangnya mengusulkan beberapa nama yang belum pernah digunakan dalam bahasa pemrograman. Java dipilih karena berasal dari nama kopi yang banyak diminum oleh programmer.

Linux - Semula Linus Torvalds menggunakan Minix OS untuk komputernya dan kemudian dia mengembangkan OS nya sendiri. Selanjutnya hasil karyanya ini dinamakan Linux (Linus Minix). Semula nama ini dianggapnya terlalu egois dan dia berencana mengganti nama OS nya dengan nama Freax (free+ freak + x). Tapi temannya Ari Lemmke menganjurkan agar Linus mengupload OS ini ke jaringan sehingga mudah di download. Ari memberi Linus direktori yang bernama linux di FTP server karena dia tidak menyukai nama Freax.

LG - Kombinasi dari dua nama merk populer di Korea, Lucky dan Goldstar.

Microsoft - Awalnya Bill Gates memberi nama perusahaannya dengan nama MICROcomputer SOFTware. Kemudian nama ini disingkat menjadi Micro-Soft dan selanjutnya tanda ( - ) dihapus dari penulisannya.

Mozilla
- Marc Andreesen yang juga pendiri Netscape membuat browser baru untuk menggantikan browser ciptaannya, Mosaic. Browser ini diberi nama Mozilla (Mozaic-Killer, Godzilla).

ORACLE - Larry Ellison dan Bob Oats saat itu bekerja sebagai konsultan untuk proyek CIA (Central Intelligence Agency). Code name untuk proyek tersebut adalah Oracle. Singkatan dari: One Real A****** Called Larry Ellison??

Red Hat - Penemu perusahaan ini, Marc Ewing diberi topi tim lacrosse Cornell (stripping merah dan putih) di kampus oleh kakeknya. Dia kehilangan topi ini dan terus mencarinya sampai putus asa. Di buku manual linux Red Hat yang pertama kali (beta version) berisi seruan untuk mengembalikan topi merah Marc bagi siapa saja yang menemukannya.

Sony - Berasal dari bahasa latin sonus yang berarti suara dan sonny adalah bahasa slang Amerika untuk menyebut pemuda cerdas.

SUN - Ditemukan oleh 4 orang mahasiswa Stanford University. SUN sendiri adalah singkatan dari Stanford University Network.

Yahoo! - Kata ini pertama kali ditemukan oleh Jonathan Swift dan digunakan dalam bukunya yang berjudul Gullivers Travels. Artinya adalah orang yang berpenampilan menjijikkan dan bertindak tidak seperti manusia. Pendiri Yahoo!, Jerry Yang dan David Filo memilih nama ini karena merasa diri mereka adalah golongan yahoos.

Sumber
Selengkapnya...

Rabu, 17 April 2013

7 Tingkatan Hacker di Dunia

Pada postingan sebelumnya kita telah mengenal kelompok hacker Anonymous, tapi ada berapa tingkatan kah dalam dunia hacker itu sendiri ? Tingkatan Hacker di Dunia - Dalam dunia komputer dan internet, hacker bukan nama yang asing lagi. Pekerjannya adalah meretas data, informasi atau sistem keamanan hingga mengendalikannya. Dalam tingkatanya, ternyata Hacker dibagi menjadi beberapa golongan. Apa sajakah?

1. Script Kiddies
Golongan ini adalah golongan pemula atau newbie yang melakukan hacking website atau sistem lain dengan menggunakan program yang sudah dibuat oleh para hacker terdahulu dan berpengalaman.
Script Kiddies hanya menggunakan program-program tersebut tanpa harus mencoba membuat program baru. Mayoritas, mereka hanya mengerti konsep dasar hacking saja. Kebanyakan para Script Kiddies melakukan aksinya dengan dasar iseng dan tidak melakukannya untuk alasan tertentu. Boleh dibilang hanya sebagai pencarian jati diri di dunia hacking.

2. Hacking Group
Hacking Group ini adalah kumpulan orang juga para Script Kiddies yang bersatu untuk tujuan tertentu. Mereka akan merasa kuat apabila power, pengalaman dan kemampuan yang mereka miliki digabungkan dalam satu kelompok.

Mayoritas orang-orang dalam Hacking Group ini beraksi dengan tujuan tertentu yang tentunya selain untuk mencari popularitas, mereka juga mencari keuntungan. Dalam Hacking Group ini masih digolongkan dalam beberapa kategori seperti Defacer, Cracker dan Carder.

Defacer adalah kelompok yang suka mengubah tampilan website dengan tujuan untuk menunjukkan eksistensi kelompok dan untuk menyuarakan aspirasi.

Cracker adalah kelompok yang tidak fokus pada penyerangan suatu website. Kelompok ini hanya bertujuan untuk mencari celah kelemahan suatu software berbayar agar dapat digunakan secara bebas dan gratis.

Carder adalah kelompok yang fokus pada peretasan toko-toko online atau bank. Dengan meretas toko online atau bank, mereka akan mendapatkan informasi kartu kredit pelanggan tempat tersebut agar dapat digunakan untuk berbelanja barang lain yang mereka butuhkan.

3. Hacktivist
Hacktivist adalah sekumpulan orang yang mempunyai visi dan misi sama. Mereka rata-rata mempunyai keahlian, kemampuan dan pengalaman yang tinggi. Kelompok satu ini menggelar aksinya dengan tujuan politis dan sosial. Salah satu contoh hacktivist terkenal saat ini adalah Anonymous yang juga mempunyai ‘cabang’ di setiap negara.

4. Black Hat Professionals
Kelompok ini adalah kelompok yang mahir dalam hal coding. Kelompok ini tidak dapat dimusnahkan atau juga ditemui secara mudah. Mereka akan terus tumbuh dan berkembang. Rata-rata, kelompok satu ini merupakan musuh pemerintah dan pebisnis.

5. Organized Criminal Gangs
Kelompok satu ini boleh dibilang adalah kelompok berbahaya karena mereka secara langsung berada di bawah gang kriminal. Orang-orang dalam kategori ini merupakan orang-orang pilihan yang mempunyai keahlian di atas rata-rata. Mereka beraksi secara halus sehingga pihak kepolisian-pun akan susah untuk mendeteksi atau juga menangkapnya.

6. Nation States
Kelompok satu ini boleh dibilang lebih terorganisasi dan terselubung. Dalam aksinya mereka mengincar infrastruktur penting seperti milik pemerintah, publik, finansial dan militer. Salah satu contohnya adalah munculnya virus flame yang sempat membuat heboh pemerintah Iran di pertengahan tahun 2012 lalu.

7. The Automated Tool
Orang-orang yang masuk dalam kategori ini adalah para pembuat virus berbahaya yang dapat menginfeksi sebuah website atau juga program untuk perangkat elektronik tertentu (PC dan mobile device). Kelompok ini juga dibagi atas kategori dengan dasar tingkat pengalaman dan kemampuan.

Menurut Bankofsecurity.com, untuk menangkal serangan dari ke tujuh golongan ini diharapkan mengerti karakteristik para penyerang terlebih dahulu sebelum membuat penangkalan atau juga pertahanan.

referensi : Sumber
Selengkapnya...

Selasa, 16 April 2013

Nustapel & BAIK Indonesian Language Program

Berita ini sebetulnya sudah ada sejak tahun 2009, tetapi mungkin banyak dari kita yang belum mengetahuinya. Mungkin anda sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman C++, Pascal atau Java. Anda mungkin juga terlalu sulit memahami konsep bahasa pemrograman tersebut. Salah seorang putra Indonesia berhasil membuat sebuah trobosan baru tentang konsep bahasa pemrograman. Bernaridho Imanuel Hutabarat, dia membuat bahasa pemrograman yang lebih mudah yang kemudaian ia namai dengan Nusaptel. Dia adalah alumnus Jurusan Teknik Informatika,ITB dan Conventry University(Ingris).

Ide pembuatan Nusaptel bermula ketika Bernan (panggilan akrab) merasa konsep pemrograman dengan bahasa C++ terlalu rumit dan terlalu bertele-tele dan dia sangat tidak suka terhadap itu. Berawal pada ketidak sukaannya itu, ketika dia bekerja di sebagai Dosen pada tahun 1999, dia kemudian mulai merancang dan membuat bahasa Nusaptel ini. Pada saat itu pembuatannya hanya terbatas pada syntax hirarki type.

Perubahan secara besar-besaran dilakukannya ketika ia bekerja sebagai database administrator di Amerika pada tahun 2001. Beruntung perusahaan tempat dia bekerja memberikan kebebasan waktu untuk mengerjakan penelitiannya di sela-sela dia bekerja. Tidak hanya itu, perusahaannya juga memberikan resource tanpa meminta hasil riset itu.

Nusaptel kemudaian semakin berkembang ketika Bernan kembali ke Indonesia. Pada saat itu dia diundang Ir. Cahyana Ahmadjayadi Dirjen Telekomunikasi dan Informatika untuk presentasi Intropabilitas bukan mengenai Nusaptel. Setelah presentasinya selesai, dia kemudian diminta untuk menjelaskan tentang Nusaptel yang sedang ia buat walaupun itu informal. Dari penjelasan itulah awal Nusaptel berkembang lebih baik.

Sekarang Nusaptel di perkenalakan kepada para dosen IT di Indonesia dengan bantuan Depkominfo. Pengenalan ini dilakukan dengan cara mengadakan workshop dan pelatihan di beberapa kota. Terakhir pelatihan dilaksanakan di Yogyakarta bertempat di STMIK AMIKOM Yogyakarta. Acara ini diikuti dosen-dosen IT PTS dan PTN se-Yogyakarta dan Solo.

Selain dengan Depkominfo, Bernan bekerjasama dengan sebuah perusahan luarnegeri untuk mengembangkan bahasa pemrograman Nusaptel. “Saya berharap kelak Nusaptel menjadi sebuah compiler yang hebat dan dapat membuat sebuah sistem operasi baru.” Katanya setelah mengadakan pelatihan di STMIK AMIKOM Yogyakarta. Ma-Suk
BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer)

Ada satu lagi bahasa pemrograman buatan anak bangsa yang diberi nama BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) versi 5.1. BAIK versi 5.1 dirilis dalam bentuk open source yang boleh dipakai untuk tujuan pendidikan, hobi maupun komersil.

Versi 5.1 menambah fungsi-fungsi untuk mengakses PostgreSQL dan membuat beberapa pembetulan minor.

BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) adalah bahasa pemrograman komputer ala bahasa skrip yang didesain untuk bisa dijalankan di semua sistem operasi (OS), seperti Windows(98/2000/XP/Vista/7/2003/2008) maupun Linux , Unix termasuk Mac OS terbaru.

BAIK versi 5 telah diperbaharui dengan penambahan fitur-fitur pemrograman desktop / GUI: - Komponen dasar desktop : tombol, label, layar, menu, tombol_cek, tombol_coblos, tombol_putar - Komponen dialog : dialog huruf, dialog warna, dialog arsip - Komponen bisnis : Tabel, Layar_Gulung, Tips, Papanklip, Tanggalan - Aksi untuk GUI : aksi fungsi, aksi tutup program, aksi papanketik, aksi penunjuk

Dalam BAIK versi 5, terdapat definisi baru mengenai istilah-istilah untuk Desktop. istilah 'Window' disebut LAYAR istilah 'Popup Window' disebut RAMBU istilah 'About Window' disebut JATIDIRI istilah 'Clipboard' disebut PAPANKLIP istilah 'Keyboard' disebut PAPANKETIK istilah 'Mouse' disebut PENUNJUK istilah 'Tooltip' disebut TIPS istilah 'Label' disebut LABEL istilah 'Dialog' disebut DIALOG istilah 'Text Input' disebut MASUKAN istilah 'Multiline Text' disebut KERTAS

istilah 'Copy to Clipboard' disebut Salin_Teks_Papanklip
istilah 'Cut to Clipboard' disebut Potong_Teks_Papanklip
istilah 'Paste from Clipboard' disebut Unduh_Teks_Papanklip


Dengan fasilitas kemudahan versi 5, program BAIK telah siap mendukung aplaikasi desktop, selain enterprise system untuk interaktif web system dengan kualitas komersil.

Selain itu BAIK memiliki fitur-fitur kemudahan sebagai berikut:
- Kode ditulis dalam bentuk plain text dalam ejaan bahasa Indonesia.
- Text editor (misal: Notepad di windows, Emacs di Linux) bisa dipakai untuk menulis kode.
- Kode program tidak perlu dicompile. Kode source sebaiknya berakhiran .ina (indonesia).
- Variable dalam BAIK tidak memerlukan pendefinisian terlebih dahulu.
- Pendefinisian Fungsi/Sub Prosedur.
- Semua variable dalam cakupan global, yang berarti berlaku di seluruh kode program.
- Array/Larik (dalam BAIK disebut Untaian) hanya ada dalam satu dimensi.
- BAIK bisa digunakan untuk Web System melalui CGI (Common Gateway Interface).
- BAIK bisa juga digunakan untuk membuat network program(TCP/IP sederhana).
- BAIK memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga bisa juga diterapkan untuk embeded system berbasis Linux/Unix, misalnya robot.
- Mengakses MySQL Database versi 4.0 ke atas.
- Membuat file gambar dengan grafik pustaka : GD versi 2.0 ke atas.
- fungsi pengolahan data statistik
- fungsi pengecek koneksi jaringan dengan Ping
- membuat file gambar dengan format PNG and JPG
- pemakaian file gambar untuk logo pada Layar
- Penampilan Teks dan Logo Gambar pada Tabel


Kedepannya, bahasa BAIK akan dikembangkan untuk bisa mensupport SSL(Secure Socket Layer).
Pencipta bahasa BAIK,
Haris Hasanudin,MSc.

Biografi Haris Hasanudin adalah pakar IT Indonesia yang tinggal dan bekerja di Jepang lebih dari 15 tahun. Haris telah menekuni pemrograman untuk open source sejak dia sekolah S1 dan S2 di Gunma University, Jepang. Selain bahasa BAIK, Haris juga telah merilis open source software "Jawa Open Eyes" dalam bahasa Java.


Sumber : http://kabarit.com dan http://thinkouthebox.blogspot.com Selengkapnya...

Senin, 15 April 2013

Mengenal Lebih Dekat Kelompok Hacker Anonymous di Dunia

Sepak terjang Anonymous memang sering mengebohkan. Kelompok hacker ini sudah berulangkali menggeber serangan ke website penting. Sulit diketahui siapa saja yang tergabung dalam Anonymous. Jika tampil di depan publik, mereka biasanya memakai topeng ala Guy Fawkes, seorang aktivis Inggris terkenal di zaman dahulu. Seperti apa sejarah Anonymous dan bagaimana sepak terjang mereka? Berikut riwayat singkatnya yang dihimpun dari berbagai sumber. 

1. Lahir Tahun 2003 Cikal bakal kelompok Anonymous ini dilaporkan berasal dari tahun 2003. Awalnya berasal dari forum internet bernama 4chan. Anonymous punya beragam misi. Terkhusus, mereka menentang sensor internet dan pengawasan online oleh pemerintah. Sehingga seringkali mereka menyerbu website pemerintah sebagai tanda protes. Anonymous juga anti terhadap paham scientology, korupsi, dan homophobia. Padahal pada awalnya, kelompok komunitas online ini dibuat untuk tujuan senang-senang. Anonymous memang bukan benar-benar sebuah organisasi. Mereka adalah grup besar individual yang mempunyai ketertarikan yang sama. Sehingga sering dikatakan semua orang bisa menjadi Anonymous. Sejak tahun 2008, Anonymous semakin serius dalam aksi hacktivist, yaitu melakukan hack untuk misi tertentu. Mereka dijuluki sebagai Robin Hood digital dan dikenal memperjuangkan kebebasan informasi dan akses internet. Aksi hack mereka semakin liar dan menyerang website-website penting. Sehingga majalah ternama Time memasukkan nama mereka sebagai salah satu kelompok paling berpengaruh di dunia pada tahun 2012.  

2. Asal Kata Anonymous Nama Anonymous sendiri terinspirasi oleh anonimitas user yang biasa memposting sesuatu di internet. Ya, banyak orang lebih memilih tidak menyebut identitas aslinya di dunia maya. Konsep Anonymous semakin mantap pada tahun 2004. Ketika itu, administrator di forum 4chan mengaktivasi protokol Forced-Anon yang membuat semua postingan bernama Anonymous. Anonymous pun merepresentasikan sebuah kelompok individu yang tidak bernama. Anggota Anonymous terdiri dai banyak pengguna forum internet. Mereka memobilisasi serangan atau misi melalui berbagai wadah. Seperti di 4chan, YouTube, sampai melalui Facebook. "Setiap orang yang ingin bisa menjadi Anonymous dan bekerja dengan tujuan tertentu. Kami setuju dengan semua agenda namun beroperasi secara independen," tukas seorang anggotanya. Salah satu semboyan mereka yang terkenal adalah "We are Anonymous. We are Legion. We do not forgive. We do not forget. Expect us". 

3. Serangan ke Website Penting Anonymous sudah sering melakukan serangan ke berbagai website penting. Biasanya sebagai tanda protes atau ketidaksetujuan. Pada tahun 2009 setelah Pirate Bay terbukti bersalah atas kasus hak cipta, Anonymous melancarkan serangan melawan organisasi International Federation of the Phonographic Industry (IFPI). Organisasi tersebut termasuk yang menentang keberadaan Pirate Bay. Aksi serupa terjadi tahun 2012 lalu ketika website Megaupload ditutup. Hacker Anonymous berhasil melumpuhkan situs Departemen Kehakiman AS, FBI, dan Motion Picture Association of America (MPAA). Semuanya dinilai sebagai pihak yang menggembosi Megaupload. Anonymous juga pernah melumpuhkan situs yang mengandung pornografi anak. Pada tahun 2008, mereka melancarkan serangan online besar-besaran pada kelompok agama Scientology. Tidak jarang mereka melakukan serangan ke website pemerintah berbagai negara. Mereka pernah menumbangkan berbagai situs penting Israel sebagai protes serangan brutal mereka ke Palestina. Mereka sempat mengumbar 5000 data pribadi pejabat Israel. 

 4. Anggota yang Tertangkap Beberapa anggota Anonymous berhasil ditangkap aparat. Tahun 2010, aparat di Belanda menangkap seorang remaja usia 16 tahun karena menyerang website Visa, Mastercard dan PayPal. Pada bulan Januari 2011, kepolisian di Inggris berhasil menangkap lima orang hacker yang berhubungan dengan Anonymous. Juni 2011, kepolisian di Spanyol menahan tiga orang yang masuk jaringan Anonymous. Ketiganya menyerang website pemerintah Mesir, Aljazair, Iran, Chile dan Selandia Baru. Satu kasus yang cukup menonjol adalah penangkapan Christopher Weatherhead. Dia mengorganisasi serangan DDos pada PayPal dan dijatuhi hukuman 18 bulan penjara. Masih banyak lagi kasus penangkapan hacker Anonymous. Namun tampaknya mereka tidak kapok dan akan terus melakukan misinya.

Sumber : http://www.didunia.net Selengkapnya...

Minggu, 14 April 2013

Metode Pengembangan Software Berbasis Multimedia

Banyak metodologi Pengembangan Perangkat Lunak (Software Engineering), tetapi tidak pas diterapkan pada pengembangan perangkat lunak berbasis Multimedia. Setidaknya saya melihat ada dua metodologi di luar metodologi PPL biasa yang dapat digunakan untuk pengembangan PL berbasis multimedia. Salah satunya adalah menurut Sutopo (2003), yang berpendapat bahwa metodologi Pengembangan multimedia terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution seperti gambar di bawah ini: 




Metodologi Pengembangan Multimedia

1. Concept Tahap concept (konsep) adalah tahap untuk menentukan tujuan dan siapa pengguna program (identifikasi audience). Selain itu menentukan macam aplikasi (presentasi, interaktif, dll) dan tujuan aplikasi (hiburan, pelatihan, pembelajaran, dll). 

 2. Design Design (perancangan) adalah tahap membuat spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan dan kebutuhan material/bahan untuk program.

 3. Material Collecting Material Collecting adalah tahap dimana pengumpulan bahan yang sesuai dengan kebutuhan dilakukan. Tahap ini dapat dikerjakan paralel dengan tahap assembly. Pada beberap kasus, tahap Material Collecting dan tahap Assembly akan dikerjakan secara linear tidak paralel. 

 4. Assembly Tahap assembly (pembuatan) adalah tahap dimana semua objek atau bahan multimedia dibuat. Pembuatan aplikasi didasarkan pada tahap design.

 5. Testing Dilakukan setelah selesai tahap pembuatan (assembly) dengan menjalankan aplikasi/program dan dilihat apakah ada kesalahan atau tidak. Tahap ini disebut juga sebagai tahap pengujian alpha (alpha test) dimana pengujian dilakukan oleh pembuat atau lingkungan pembuatnya sendiri.

 6. Distribution Tahapan dimana aplikasi disimpan dalam suatu media penyimpanan. Pada tahap ini jika media penyimpanan tidak cukup untuk menampung aplikasinya, maka dilakukan kompresi terhadap aplikasi tersebut.

Referensi : Sutopo, Ariesto Hadi. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Selengkapnya...

Kamis, 11 April 2013

Ada Yang Unik Di CMD

Ngomongin soal CMD itu, hah cmd ? emang masih jaman ? cuma kumpulan teks-teks ga jelas gitu, haha tenang dulu ternyata di cmd alias command prompt itu ada yang unik loh. Kita bisa nonton film starwars di program lawas ini, tapi jangan harap tampilan 3D ya, nah ini film ceritanya pake code ASCII gitu, cek aja diPC teman-teman :

Pertama sediain pocorn, minuman sama hal pendukung biar makin asik nontonnya :D


Oke serius idah ga sabar mau nonton nih..


1. Yang menggunakan Win7 caranya kalian Masuk ke Control Panel -> Programs -> Programs and Features ->Turn Windows Features on or off, kemudian beri tanda centang pada bagian Telnet Client, dan tekan OK untuk menyetujui.


2. Nah disini lah saatnya bercoding ria haha
Ketikan command ini di CMD:


Telnet towel.blinkenlights.nl



Dan selamat, sekarang starwars sudah dapat disaksikan dipc kalian :D
Nih penampakannya :

Selengkapnya...

Rabu, 10 April 2013

Apa Itu Open Source ?

Open Source jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya yaitu sumber terbuka. Oleh karena itu Sistem ini digunakan oleh sistem yang berbasis komunitas dan dengan sengaja menyebarluaskan source code softwarenya yang bertujuan untuk dikembangkan atau diolah secara bersama dengan komunitas. 

Software open source biasanya atau sebagian besarnya adalah gratis. Software open source identik dengan FREE. Apa dibenak anda mengenai FREE, pasti akan mengartikan GRATIS. Memang tidak salah kalau mengartikan gratis tetapi ada arti lain dari FREE yaitu bebas. Jika ingin memastikannya coba ambi kamus bahasa Inggris dan cari artinya. 

Jadi maksud penulis bahwa free bukanlah kegratisan tersebut yang anda pikirkan, namun kebebasan. Maksud kebebasan yaitu bisa menggunakan projek itu untuk segala hal, bahkan jika dikomersialkan juga dipersilahkan. Contohnya RedHat walaupun open source namun untuk mendapatkannya tidak gratis melainkan harus membayar terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

Sumber : http://hrpengetahuan.blogspot.com Selengkapnya...